Kamis, 02 Agustus 2012

SDN 1 TOLOTIO MEMBANGUN PERPUSTAKAAN YANG MODERN


Perpustakaan    sekolah sesuai dengan fungsinya merupakan pusat informasi yang sangat berpengaruh bagi peningkatan kualitas pendidikan. Kenyataan hampir bahwa semua sekolah yang memiliki reputasi baik, memiliki perpustakaan yang baik pula. Oleh sebab itu, kualitas pendidikan suatu sekolah amat bergantung pada kualitas perpustakaannya.
Oleh karena itu diperpustakaan SDN 1 Tolotio berupaya membangun perpustakaan yang modern bisa dikatakan sudah memakai otomasi, software yang digunakan adalah sofware SLiMS (Senayan Library
Management System)
SLiMS (Senayan Library Management System) adalah Open Source Software (OSS) berbasis web yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan automasi perpustakaan (library automation) skala kecil hingga skala besar. Dengan fitur yang lengkap, SLiMS sangat cocok digunakan bagi perpustakaan yang memiliki koleksi, anggota dan staf banyak di lingkungan jaringan, baik itu jaringan lokal (intranet) maupun Internet.
Keunggulan SLiMS lainnya adalah multi-platform, yang artinya bisa berjalan secara natif hampir di semua Sistem Operasi yang bisa menjalankan bahasa pemrograman PHP dan RDBMS MySQL. SLiMS sendiri dikembangkan di atas platform GNU/Linux dan berjalan dengan baik di atas platform lainnya seperti FreeBSD dan Windows.
SLiMS pada tahun 2009 juga telah mendapat penghargaan dan menjadi pemenang dalam ajang ICT Award 2009 untuk category Open Source System terbaik
Saat ini SLiMS sudah digunakan oleh ratusan Perpustakaan-perpustakaan besar yang tersebar diberbagai wilayah di Indonesia bahkan hingga di mancanegara seperti Jerman, Spanyol, Timur Tengah dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar